Bass Guitar

Bass Guitar
Bass Guitar

Thursday, September 22, 2011

Gitar Bass Akustik

                                                                      http://en.wikipedia.org/wiki/File:Acoustic_bass_guitar_1.jpg

Gitar bass akustik adalah gitar bass yang mempunyai prinsip gitar akustik, yaitu gitar dengan badan bolong untuk meresonansi getaran suara sehingga tidak memerlukan amplifier untuk membunyikannya.  Bedanya dengan gitar akustik, gitar bass akustik mempunyai kayu dan senar yang lebih tebal sama seperti bass listrik. Biasanya gitar bass akustik dilengkapi oleh pickup dibadannya, karena jika konser, agak sulit untuk menghantarkan suara bass akustik ke speaker dengan mic.
                Gitar bass akustik ditemukan oleh Kay dari Chicago tahun 1950. Walaupun gitar bass akustik hampir sama dengan double bass, tetap saja gitar bass akustik mempunyai bentuk yang lebih kecil dan lebih ringan daripada double bass. Selain itu, Kay sang pencipta gitar bass akustik menyatakan bahwa bass akustik adalah instrument untuk pemain bass yang menginginkan nuansa suara akustik dalam permainannya.
                Perusahaan music yang menciptakan gitar bass akustik pertama adalah Ernie Ball. Ernie Ball lah yang menyebarkan gitar bass akustik pertama kali ke masyarakat luas. Model gitar akustik umumnya berbodi sama dengan gitar akustik. Maka untuk pemain bass, tidak ada salahnya mencoba menggunakan gitar bass akustik karena memiliki kesan yang berbeda dengan gitar bass listrik

sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Acoustic_bass_guitar

No comments:

Post a Comment