Bass Guitar

Bass Guitar
Bass Guitar

Tuesday, October 4, 2011

BOSS ODB-3 Bass Overdrive Effect Pedal

Sumber : citraintirama.com


            BOSS ODB-3 Bass overdrive effect pedal adalah pedal stompbox yang diproduksi oleh BOSS di Hamamatsu, Jepang bagi para pemain bass. Overdrive identik dengan lagu keras seperti rock, metal, punk, dll. Efek overdrive awalnya hanya untuk gitar, tetapi sejak ada bassist – bassist yang menonjol di musik keras, maka terciptalah overdrive untuk bass karena bassist rock juga membutuhkan karakter suara bass yang kasar untuk lebih membuat suasana rock.
            Cara pemakaiannya hampir sama dengan semua efek stompbox gitar milik BOSS, yaitu dengan menekan on / off switch untuk menyalakan dan mematikan efek. Bedanya hanya settingnya saja.
            Setting ODB-3 terdiri dari Level, EQ yang terdiri dari high dan low, balance dan juga gain. Terus terang saya sendiri masih belum mengerti fungsi dari masing-masing knob. Mengenai yang saya baca di web lain, saya hanya mengerti peran masing- masing knob saja, tetapi tetap saja saya tidak mengerti mengaturnya.

Peran masing – masing knob yang saya dapat adalah sebagai berikut :
- Level     = mengatur level suara yang sudah diberi efek
- EQ         = mengatur frekuensi, low mengatur frekuensi rendah (getaran bass) sedangkan
                    high mengatur frekuensi tinggi (nada berupa not)
-Balance   = mengatur keseimbangan antara suara bass original dengan suara bass yang
                     telah diubah menjadi overdrive, jika balance maksimum maka suara bass
                     akan sepenuhnya kasar / berdistorsi, jika minimum maka tidak ada efek
-Gain        = mengatur suara bass supaya volume lebih boost.

Untuk keterangan lebih lanjut, jika membeli pedal ini, di dalamnya ada buku petunjuk kecil mengenai cara menggunakan pedal ini, mengganti baterai, dll.

Jujur saja saya sangat menyukai bermain rock dengan efek ini.
            

No comments:

Post a Comment