Bass Guitar

Bass Guitar
Bass Guitar

Sunday, October 2, 2011

Pick Bass

sumber : tenniners.blogspot.com

            Pick bass adalah alat untuk memetik gitar bass. Untuk lagu bertempo cepat, memetik bass dengan jari secara cepat merupakan hal yang sulit. Karena pick gitar tidak mencukupi kebutuhan pemain bass yang ingin menggunakan pick maka diciptakanlah pick untuk memetik gitar bass untuk memudahkan dalam memetik.
            Pick bass umumnya lebih tebal dari pick gitar dan berbentuk segitiga sama sisi (pick gitar berbentuk segitiga sama kaki).Tebal tipis suatu pick sangat berpengaruh terhadap suara bass yang dipetik.
             Penggunaan pick bass sama dengan pick gitar, yaitu dipegang oleh jempol dan telujuk dan dimainkan atas dan bawah atau sering disebut alternate picking. Tidak sedikit pemain bass yang menggunakan pick bass di setiap lagu yang dimainkannya.
            Selain untuk kecepatan, suara hasil picking dan suara hasil dipetik menggunakan jari memiliki perbedaan karakter suara yang dihasilkan, tingkat kekerasan jari kita dengan pick tentunya berbeda.
            Contoh pemain bass yang selalu menggunakan pick bass adalah Tetsuya Ogawa dari L’Arc En Ciel. Tetsuya adalah satu diantara sedikitnya pemain bass dari Asia yang dikenal dunia luas karena permainan bassnya yang tidak biasa.

No comments:

Post a Comment