Bass Guitar

Bass Guitar
Bass Guitar

Tuesday, October 4, 2011

Slap Bass

sumber : myguitar.nl

Slap bass adalah tekhnik dalam memainkan sebuah gitar bass yang merupakan tekhnik khas dalam bermain bass. Slap bass ini identik dengan musik funk, sering didengar kata “funky slap bass” karena identik dengan musik funk. Selain funk, slap juga sering dipakai dalam musik jazz, disco, latin, soul, pop, dll.
            Tekhnik slap bass menghasilkan suara bass yang lebih bersifat perkusif atau lebih menekan dibandingkan dengan suara bass yang dipetik biasa. Biasanya tekhnik ini dilakukan dengan 3 jari yaitu jempo, telunjuk, dan jari tengah.
            Slap bass sendiri sebenarnya terdiri dari dua gerakan, yaitu slap dan pop. Slap dilakukan dengan pukulan jempol, sedangkan pop adalah gerakan telunjuk dan jari tengah yang memetik bass dengan kuat.
            Dasar tekhnik bass tidak sulit, hanya dalam menerapkannyalah yang merupakan tantangan bagi bassist. Contoh bassist yang menonjol dalam bidang slap adalah victor wooten, yang dapat melakukan slap dengan jempol naik turun, yang merupakan pandangan bagi semua bassist di dunia. 

No comments:

Post a Comment