Bass Guitar

Bass Guitar
Bass Guitar

Monday, October 3, 2011

Synthesizer Bass

sumber : magpiemusic.com.au
Sumber : musicgadgets.net

            Synthesizer bass adalah alat untuk menghasilkan suara bass sintesis berupa Synthesizer. Sering digunakan pada musik yang membutuhkan banyak suara electronic seperti hip hop, RnB, disco, dll. Synthesizer bass mempunyai nada dan peran yang sama seperti bass biasa, bedanya hanya suara synthesizer yang lebih unik seperti jenis suara robot.
            Synthesizer bass berbentuk pedal yang bersusunan seperti piano ditemukan oleh Moog Music tahun 1970. Cara untuk memainkannya sama dengan piano hanya dimainkan dengan kaki.
            Untuk musik sepeti Hip Hop dan R&B, suara bass biasa tidak cocok, maka dibuatlah efek synthesizer dengan nada bass. Jika pemain bass suatu band membutuhkan suara synthesizer, biasanya digunakanlah pedal efek seperti BOSS SYB-5. Pedal efek ini mengubah suara gitar bass menjadi synthesizer seperti saw, square, dll.
            Contoh yang paling sering dilihat adalah Chris dari band inggris Muse. Chris hampir selalu menggunakan efek pada bass yang ia mainkan, yang paling sering ia gunakan adalah efek synthesizer yang merupakan ciri khas dari band Muse yang bernuansa Space Rock.

No comments:

Post a Comment